Langsung ke konten utama

Workshop Kawruh Basa Jawa

Apa itu workshop? Bisa dibilang workshop sebagai ajang bagi para siswa untuk memecahkan masalah yang ada dan mencari solusinya, nah kali ini  SMP NEGERI 2 SRAGEN ditunjuk untuk mengikuti acara tersebut dengan tema yang sudah ditentukan yaitu nguri-uri basa jawa kanthi gumbira, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 23 Agustus 2017 pukul 08.00 WIB sd 14.00 WIB di Gedung KORPRI Sragen, Jawa Tengah.
Acara terebut dihadiri oleh para siswa dari kalangan SMP yang ada di Kabupaten Sragen. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk melatih para siswa agar mengerti tata krama/sopan santun kepada orang yang lebih tua dan tentunya pandai dalam menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar. Disana kami diajarkan cara berbicara menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar (unggah ungguh basa) beserta tata cara dan penjelasannya, yang dibantu oleh Bp. Supardjo dari Fakultas Ilmu Budaya UNS. Selain itu kami juga diajarkan cara membuat kaligrafi aksara jawa, dan juga diajarkan bagaimana menulis sebuah kalimat/kata menggunakan aksara jawa, yang dibantu oleh Bp. Suhadi dari Sanggar Iqra Hanacaraka Yogykarta.
            Secara umum acara tersebut berdampak pada meningkatnya daya kreatifitas siswa dalam membuat karya yang berbentuk kaligrafi, membuat para siswa tau bagaimana etika berbicara kepada orang yang lebih tua dengan tata cara yang baik dan benar, dan acara ini juga dapat memotivasi siswa agar mempunyai sopan santun/tata krama saat berhadapan dengan orang yang lebih tua.




Postingan populer dari blog ini

MADING KELAS

Mading adalah salah satu jenis media tulis yang paling sederhana dan digunakan untuk komunikasi seperti media massa. Media ini disebut majalah dinding karena penyajian mading biasanya ditempel pada dinding. Majalah dinding merupakan media yang menerapkan prinsip dasar majalah di dalamnya. Prinsip dasar sebuah majalah yang ada pada mading terdapat pada cara penyajiannya baik berupa tulisan, gambar, ataupun kombinasi dari kedua cara tersebut.

Majalah Sekolah

Sebagai wadah kreasi, inovasi warga sekolah, baik siswa, maupun tenaga pendidik, maka diterbitkanlah majalah Espero, yang terbit tiap 3 bulan. Karya yang dapat ditampung adalah karya yang benar-benar layak untuk dikonsumsi oleh warga sekolah pada khususnya. Karya tersebut bisa berbentuk puisi, artikel, zodiak, cerpen, wawasan tentang lingkungan sekolah dan masih banyak lagi. 
Lomba Pekan Seni Kabupaten Sragen yang diadakan Senin, 21 November 2017 di Rumah Dinas Bupati Sragen, untuk Karawitan diikuti oleh 13 SD, dan 8 SMP. Acara diawali dengan doa dan pembukaan oleh Bupati Sragen. Dari SMP Negeri 2 Sragen memulai latihan karawitan di RSPD Sragen. Latihan dari awal bulan November setiap hari kecuali Minggu, dibimbing oleh Ibu waginah, Bapak Puryanto dan Bapak Sutomo. Atas kegigihan guru pendamping dan siswa, alhamdulillah meraih Juara 2. Harus mengakui keunggulan SMP Negeri 1 Sambirejo. Semoga kedepannya lebih baik dan lebih maksimal lagi dalam berusaha.